Profile


Lembaga Perlindungan Konsumen Bali  adalah sebuah lembaga non profit dan independen yang bergerak dibidang perlindungan konsumen.Perkembangan dan pertumbuhan industri perdagangan barang maupun jasa dengan dampak positif dan negatifnya bagi masyarakat,menjadi perhatian utama lembaga ini. oleh sebab itu harus diutamakan suatau pemikiran bahwa industri perdagangan barang dan jasa selalu mengutamakan kepentingan konsumen

Lembaga Perlindungan Konsumen Bali  bertujuan mendorong terciptanya interaksi masyarakat secara sehat dan saling menguntungkan bagi setia komponen inti didalamnya,yaitu konsumen para pelaku industri perdagangan dan jasa,serta pemerintah. Selain memberikan perlindungan kepada konsumen,YLPKB juga akan konsisten melakukan pemberdayaan terhadap konsumen yang sebagaian besar masih amat belum siap menghadapi laju industri perdagangan barang dan jasa.Untuk itu Lembaga ini akan melakukan berbagai  bentuk kerjasama,baik dengan instansi pemerintah maupun para pelaku usaha Dalam bidang penelitian,YLPKB akan bekerjasama dengan beberapa instansi pemerintah,swasta dan para pelaku usaha serta berbagai media cetak dan elektronok,yang berkaitan dengan perlindungan konsumen.

VISI DAN MISI

Visi dari Lembaga ini


o   Menciptakan sistim perlindungan konsumen yang mengandung unsur kepastian
Hukum dan keterbukaan informasi serta akses untuk mendapatkan informasi.
o   Menumbuhkan kesadaran pelaku usaha mengenai pentingnya perlindungan konsumen sehingga tumbuh sikap yang jujur dan bertanggung jawab dalam
berusaha.
o   Menjadikan masyarakat berpartisipasi secara aktif sebagai pengguna barang dan
jasa yang kritis dan teliti untuk keamanan,keadilan dan kesejahteraan barsama.

 MISI dari Lembaga ini :

o   Meningkatkan kesadaran ,kemampuan dan kemandirian konsumen untuk melindungi diri.

o   Mengangkat harkat dan martabat konsumen dengan cara menghindarinya dari ekses negatif dari pemakai barang dan jasa.

o   Meningkatkan pemberdayaan konsumen dan memilih,menentukan dan menuntut hak-haknya sebagai konsumen

o   Membantu pemerintah,pelaku usaha dan masyarakat dalam mengontrol berbagai produk barang/jasa apakah sesuai dengan standard yang telah ditetapkan.


KEPENGURUSAN LEMBAGA

 Kepengurusan Yayasan Lembaga Perlindungan Konsumen Bali Tahun 2014-2018  adalah            

Ketua Yayasan                             :  I Putu Armaya.SH
Wakil Ketua                                  :  Dr Ir I Putu Sutrisna.MM
Sekretaris                                     :  Evi Lestari.SH.MH
Bendahara                                    :  Eny Ratnawatie

Divisi Pengaduan dan Hukum    :  Anak Agung .Sudarsa.SH.MH
                                                          Benny SH.,MH
Divisi Riset dan Penelitian          :  Nur Arianto.S.Sos
Divisi Pendidikan Konsumen      :  Komang Wiryaatmaja SH
Divisi Penerbitan                          :  M Susanto Edison
Divisi Pengujian Produk              :  IIn Indayani