Berita

LPK Bali  Menggelar Bulan Pengaduan Konsumen

palangkaraya Untuk kegiatan diwilayah Bali BPKN bekerjasama dengan yayasan Lembaga Perlindungan Konsumen Bali. Menurut  Ketua YLPK Bali I Putu Armaya.SH kegiatan Bulan pengaduan ini sangat cocok dengan situasi sekarang seperti yang dialami konsumen mengenai kasus penyedotan pulsa.Pada momen inilah diharapkan konsumen secara kolektif mengadukan berbagai persoalan dibidang perlindungan konsumen.Walaupun diakui oleh Armaya tingkat pengaduan di Bali tergolong sangat kecil dibandingkan daerah lain di Indonesia.Apakah karena tidak adanya pengaduan berarti masalah konsumen sudah baik dan konsumen sudah merasa terlindungi? Menurut Armaya kultur orang Bali malas menyampaikan keluhan.Justru setiap ada masalah apa saja termasuk masalah konsumen mereka lebih banyak mendiamkan masalah tersebut.

Pengaduan melalui Iklan di Koran
Dalam kegiatan Bulan pengaduan ini,pihak BPKN yang didukung oleh LPK Bali,memasang iklan di  Koran yaitu di Harian Nusa Bali dan Harian Bali Express ( Radar Bali .jawa Pos Group) namun setelah dipasang iklan di koran tidak ada pengaduan melalui informasi di media.maka pihak LPK Bali melakukan jemput Bola,dengan mendatangi pihak konsumen serta melakukan pemantaun beberapa unit layanan publik di Bali.seperti Samsat,Rumah sakit,Pelayanan publik lainnya.-    Tim Redaksi

LPK Bali Melaksanakan Survei 
Kepuasan Konsumen

Lembaga Perlindungan Konsumen Bali,Bekerjasama dengan Asosiasi Rumah Sakit Daerah (ARSADA) wilayah Bali menyelenggarakan survei kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum daerah Badung.Kegiatan Survei ini diselenggarakan selama 2 minggu.Mulai Tanggal 7 November 2011 sampai 20 November 2011.Kegiatan survei ini menggunakan metodologi Multi Stage Random Sampling.Menurut koordinator Survei dari Universitas Udayana Ni Kadek Septiari.SH.Pihaknya menerjunkan sekitar 4 Surveyor dan satu
Koordinator .Kegiatan Survei ini menurut Septiari dapat mengukur tingkat kepuasan pasien sebagai konsumen dan kegiatan survei ini hasilnya akan disampaikan kepada management RSUD Badung dalam bentuk presentasi hasil dan Pihak ARSADA Wilyah Bali.Survei kepuasan konsumen di RSUD  Badung dibagi menjadi 2 yaitu survei Unit Rawat jalan dan unit rawat inap.   - Tim Redaksi